Meraup Rupiah dari Inovasi Kosmetik Susu Kuda Liar

Kini DR Diana telah meraup rupiah dari inovasi kosmetik susu kuda liar. Ini berkat ketekunannya membongkar mitos susu kuda liar. Dari susu kuda produknya berkembang menjadi aneka kosmetik perawatan kulit.

aneka-sabun-susu-kudaJangan sekali-kali membuang susu kuda liar hanya karena berasa asam. Selain berkhasiat dan banyak manfaat, susu kuda liar aslinya memang berasa asam. Menurut hasil penelitian yang dilakukan DR Diana Hermawati yang bekerja di Direktorat Mutu dan Standarisasi Direktorat Jenderal Pengolahan dan Pemanfaatan Hasil Pertanian, Kementerian Pertanian, susu kuda Sumbawa (susu kuda liar) mempunyai keistimewaan yaitu tidak mengalami penggumpalan dan kerusakan meskipun tidak dipasteurisasi dan tanpa diberi bahan pengawet apapun.

Susu Kuda Awet 5 Bulan

“Sebenarnya, satu tahun pun masih baik dan layak dikonsumsi. Tapi untuk menjamin keamanan, saya katakan tahan lima bulan saja,” ujarnya di toko Naturefarm, penyedia kebutuhan pangan ataupun produk-produk organik yang mapan di Jl. Dr.Cipto No.74 Semarang.

DR Diana, panggilan akrab wanita kelahiran Jakarta 19 Februari 1955 ini, tekun mempelajari seluk beluk susu kuda Sumbawa atau yang dulu di era tahun 1997 sering disebut susu kuda liar. Dan saya sungguh surprise kala mendapati bahwa dari penelitian dan uji laboratorium ternyata susu kuda liar  benar-benar luar biasa.

Selain awet susu ini memiliki kandungan senyawa anti mikroba alami yang disebut galaktoferin. “Saat saya adu dengan sejumlah mikroba seperti Salmonella thypusa, bakteri TBC, stapilococcus dan Vibrio cholera, hasilnya semua mikroba penyakit tersebut bisa dikalahkan. Benar-benar luar biasa,” ungkap Dr Diana tersenyum.

Karena keunggulan tersebut DR Diana bersama rekannya gigih memasarkan produk susu ini dengan pemasaran yang dikirim langsung dari kelompok tani hasil binaannya di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat. Walhasil, secara rutin produk susu yang baik untuk kesehatan ini terserap ke banyak pelanggan setianya yang beredar secara nasional. Termasuk Jawa Tengah, khususnya Semarang.

Untuk mendapatkan khasiat dari susu kuda liar organik ini, Diana menganjurkan untuk rutin meminum susu ini cukup 25-50 cc setiap hari pada pagi hari. Atau kalau mau dua kali sehari, pagi dan sore. ”Efeknya sangat baik untuk kesehatan saluran pencernaan karena susu kuda ini mengandung probiotik alami. Selain itu susu kuda ini juga berfungsi untuk mejaga kebugaran dan menyembuhkan penyakit pencernaan, leukemia dan tumor,” jelasnya yakin.

Susu Kuda dari Ladang Organik

Produk susu yang ditawarkannya dijamin keasliannya karena berasal dari produksi kelompok tani yang telah dibinanya lebih dari 5 tahun. Mereka dibina mulai dari aspek sanitasi, hygiene, dan pengemasan., sehingga dijamin produknya berkualitas dan berkhasiat sesuai dengan keunggulan susu kuda liar organik. Harganya pun relatif murah untuk sebotol ukuran 500 cc dibandrol Rp150.000,-

Susu kuda liar berasal dari susu kuda yang dipelihara dengan cara ekstensif (liar) yaitu dilepas di hutan atau di daerah bukit di pulau Sumbawa, Propinsi Nusa Tenggara Barat. Diantaranya di Kabupaten Dompu, Sumbawa, dan Bima yang akhirnya disebut sebagai susu kuda Sumbawa.

Hasil pengujian di Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di beberapa daerah menunjukkan bahwa susu kuda liar Sumbawa bersifat asam dengan pH 3-4, tidak mengandung bakteri pathogen, bahan pengawet, maupun bahan yang membahayakan, serta nilai gizinya baik dan kadar lemaknya rendah, yaitu 0,97%.

Sejauh ini kebutuhan bahan baku susu kuda ini langsung disuplai dari Sumbawa. Susu tersebut memang sudah dihakpatenkan DR Diana. Dari pemasaran yang dilakukan lewat agen dan pembelian langsung di rumahnya di Taman Sari Bukit Damai, Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat, dirasa masih belum maksimal. Rata-rata Rp10 juta sampai Rp15 juta per bulan atau 4500-5000 botol per tahun. Jumlah ini jauh dari biaya yang dihabiskan untuk penelitian yang mencapai Rp1,5 miliar.

Kosmetik susu kuda menghilangkan jerawat

Selanjutnya DR Diana pun mengeksplorasi susu kuda liar ini, untuk dijadikan kosmetik. Sifat susu yang asam laktat dengan pH 3-4 maka ditambah dengan minyak VCO kosmetik ini bisa mencerahkan kulit,membersihkan flek hitam, menghaluskan kulit , melembutkan kulit dan antibakterinya ampuh menghilangkan jerawat.

Kosmetik susu kuda liar organik ini dibuat bermacam produk. Antara lain krim malam, krim pagi, shampoo, sabun cair, body lotion, scrub atau lulur, dan sabun Spa. Untuk memenuhi pernintaan pasar sabun Spa yang berfungsi  scrub dan pelling kombinasi dengan bahan alami lain sesuai selera. Diantaranya sabun Spa wortel, sereh, sirih, kurma, kopi luwak, madu, kunyit, pepaya, dan lainnya.

Yang menarik, produk hasil penelitian dengan biaya mahal ini dijual relatif murah . Contohnya cream malam 10 gr dijual Rp80 ribu, sabun Spa 90 gr dijual Rp24 ribu. “Yang terbaru adalah sabun Spa beras merah. Hasilnya membuat kulit sangat lembut,” kata DR Diana.

(Sumber: Info Naturfarm, Edisi 04-XXII-23-29 April 2011)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>