Manfaat Bengkoang untuk kecantikan

Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan Dan kecantikan

Wajah merupakan salah satu bagian yang paling sering diperhatikan oleh para wanita. Selain merawat kecantikan dari dalam dengan minum jamu atau makanan kesehatan, untuk perawatan luar untuk wajah kita bisa menggunakan bengkoang.

Selain bisa dimakan untuk campuran rujak manis ataupun asinan nih, ternyata bengkoang mempunyai beragam khasiat yang dapat kita peroleh jika kita rajin mengkonsumsinya. Tumbuhan yang berasal dari Amerika tropis ini termasuk dalam suku polong-polongan atau Fabaceae yang terbentuk dari umbi akar(cormus). Di tempat asalnya, tumbuhan ini dikenal sebagai xicama atau jícama, dan orang Jawa menyebutnya sebagai besusu.

Kandungan kimia bengkoang adalah pachyrhizon, rotenon, inulin, vitamin B1 dan C.  Umbinya mengandung gula dan pati serta fosfor dan kalsium. Umbi ini juga memiliki efek pendingin karena mengandung kadar air 86-90%. Rasa manis berasal dari suatu oligosakarida yang disebut inulin

Beberapa penelitian telah mengindikasikan efek positif inulin dan oligosakarida pada absorpsi kalsium pada tikus dan manusia serta pencegah kanker pada hewan. Lebih dari 10 penelitian menunjukkan bahwa inulin meningkatkan absorpsi dan deposisi kalsium pada tulang tikus dan manusia. Hasil penemuan ini memberikan indikasi yang menjanjikan bahwa inulin dan oligosakarida dapat membantu mencegah osteoporosis.

Ternyata Manfaat Bengkoang Efektif Mencerahkan Kulit bukan hanya mitos atau khayalan belaka. Bahan-bahan alami yang kaya nutrisi telah lama diandalkan sebagai sumber perawatan terbaik bagi tubuh kita. Sebenarnya, kita bisa mendapatkan manfaat semua bahan alami itu dengan cara mengonsumsi atau mengolahnya sesuai anjuran dari para ahli gizi. Namun, efek sehat yang akan dirasakan kulit kita dari olahan tersebut ternyata tidak terlalu besar.

Tanaman umbi ini biasa ditemukan dalam masker, lulur, sabun wajah, pelembab, dan lotion. Bengkuang terbukti menyegarkan, karena akar umbi dari bengkuang memiliki kandungan air yang tinggi, sekitar 86-90 persen, sehingga memberi efek melembabkan.

Sementara itu, dalam penelitian berjudul The Exploration of Whitening and Sun Screening Compounds in Bengkoang Roots (Pachyrhizus erosus) oleh Endang Lukitaningsih dari Universitat Wurzburg, Jerman, disebutkan bahwa bengkuang mengandung vitamin C, flavonoid, dan saponin yang merupakan tabir surya alami untuk mencegah kulit rusak oleh radikal bebas. Plus, zat fenolik dalam bengkuang cukup efektif menghambat proses pembentukan melanin, sehingga pigmentasi akibat hormon, sinar matahari, dan bekas jerawat dapat dicegah dan dikurangi.

 

Anjuran pemakaian

Produk berbahan bengkuang bisa diaplikasikan ke wajah dan tubuh. Coba buat masker bengkuang sendiri.

Caranya: Kupas dan bersihkan bengkuang, lalu parut sampai halus. Tempelkan merata pada permukaan wajah atau area kulit yang bernoda. Diamkan sampai mengering, sekitar 40 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan 2-3 kali dalam seminggu.

Manfaat Bengkoang Untuk Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah

Selain mempunyai kandungan inulin yang dapat memberikan dampak positif bagi usus kita, dan saat ini orang mulai ramai-ramai menggunakannya sebagai salah satu bahan kecantikan terutama untuk memutihkan dan menghaluskan kulit. Kenapa mesti Bengkoang? Karena Bengkoang  mengandung fosfor dan kalsium alami, yang menjadikan wajah lebih putih, halus, dan bersih berseri. Selain itu, masker bengkoang berkhasiat untuk mencegah penuaan dini pada kulit wajah serta mempertahankan keremajaan dan elastisitas kulit wajah.

Untuk itu, bengkoang dapat kita olah untuk menjadi masker yang dapat kita gunakan sebagai penghilang flek hitam di wajah dan pada zaman dahulu bengkuang sering juga dipakai untuk bahan kecantikan, terutama untuk mandi, karena kegunaanya sebagai bahan aktif penghilang noda hitam, khususnya di bagian wajah dan mampu menghilangkan noda bekas jerawat.

Berikut cara mengolah bengkoang untuk menjadi masker wajah :

  1. Parutlah bengkuang secara halus agak banyak.
  2. Lalu gunakan parutan bengkuang tersebut dan balurkan ke bagian wajah/yang bernoda atau bisa juga dijadikan bahan campuran pada scrub. Usapkan perlahan dan diamkan 30 menit.
  3. Lalu bilas hingga bersih, wajah terlihat bersih dan cerah.\

Selain itu Bengkoang juga Untuk Menjaga Kelembaban Kulit, dan tentunya tidak ada salahnya jika mulai saat ini kita mengalihkan perhatian ke bengkoang untuk menjaga kecantikan wajah dan kulit kita.

Bagi Anda yang tinggal di kota besar tentu diharuskan melakukan perawatan khusus untuk wajah karena resiko terkena polusi sangatlah besar. Kulit wajah bisa terlihat lebih kusam dan cepat berkeriput.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>