Khasiat Pandan Wangi Untuk Kecantikan

Pandan wangi ialah daun yang sering digunakan para ibu rumah tangga untuk  membuat kue, yang berfungsi sebagai pewangi makanan atau juga bisa untuk pewarna makanan. Pandan wangi (atau biasa disebut pandan saja) adalah jenis tumbuhan monokotil dari famili Pandanaceae yang memiliki daun beraroma wangi yang khas. Daunnya merupakan komponen penting dalam tradisi masakan Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Tumbuhan ini mudah dijumpai di pekarangan atau tumbuh liar di tepi-tepi selokan yang teduh. Akarnya besar dan memiliki akar tunjang yang menopang tumbuhan ini bila telah cukup besar. Daunnya memanjang seperti daun palem dan tersusun secara roset yang rapat, panjangnya dapat mencapai 60cm. Beberapa varietas memiliki tepi daun yang bergerigi.

Daun tumbuhan merupakan komponen cukup penting dalam tradisi boga Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya sebagai pewangi makanan karena aroma yang dihasilkannya. Daun pandan biasa dilibatkan dalam pembuatan kue atau masakan lain seperti kolak dan bubur kacang hijau. Sewaktu menanak nasi, daun pandan juga kerap diletakkan di sela-sela nasi dengan maksud nasi menjadi beraroma harum.

Aroma harum yang khas ini terasa kuat ketika daunnya masih cukup segar atau agak kering. Selain sebagai pengharum kue, daun pandan juga dipakai sebagai sumber warna hijau bagi makanan (selain daun suji), sebagai komponen hiasan penyajian makanan, dan juga sebagai bagian dalam rangkaian bunga di pesta perkawinan (dironce) untuk mengharumkan ruangan. Daun pandan biasa dilibatkan dalam pembuatan kue-kue atau masakan lain seperti kolak dan bubur kacang hijau. Sewaktu menanak nasi, daun pandan juga kerap diletakkan di sela-sela nasi dengan maksud nasi menjadi beraroma harum.

Dalam sejumlah resep masakan berbahasa Inggris, daun pandan kadang-kadang disebut sebagai “screwpine leaf”.

Mengingat penghasil aroma wangi ini, maka daun pandan disukai orang untuk berbagai keperluan seperti :

- sumber pengharum pada makanan tradisional dan minuman.

Salah satu aditif makanan adalah berupa pengharum makanan guna memancing selera makan. Pandan wangi dapat digunakan sebagai aditif makan alami yang tidak menimbulkan efek kesehatan. Aroma wangi yang dihasilkan sangat cocok untuk makanan yang memiliki rasa manis atau gurih, sehingga makanan yang dihasilkan akan memiliki cita rasa tersendiri.

Untuk makanan jajanan seperti nagasari atau makanan lainnya yang berbentuk potongan tunggal, daun pandan diiris kecil dan disisipkan di bahan sebelum dimasak. Kalau untuk bubur ketan atau bubur  kacang hijau, maka daun pandan panjang diikat dan dimasukkan ke dalam makanan saat dimasak.

Selain untuk aditif bahan makanan, ternyata pandan wangi juga disukai untuk produk minuman. Saat ini ada beberapa produk sirup, minuman kacang soya dan santan kelapa dengan rasa pandan yang beredar di pasaran.

Selain efek wangi, daun pandan ini juga dapat befungsi sebagai pemberi warna hijau pada bahan yang digunakan. Hal ini karena kandungan zat warna hijau yang kuat pada daun pandan. Saat ini banyak beredar roti atau camilan dengan ciri khas pandan, yang umumnya berwarna kehijauan. Terkait dengan hal ini sekarang telah banyak dijual ekstrak daun pandan siap pakai yang dipergunakan sebagai perasa kue dan bahan makanan.
Sisa daun pandan untuk makanan bubur kacang hijau.

pandan wangi memiliki manfaat untuk kecantikan. Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis Pandan Wangi :Daun pandan mengandung alkaloida, saponin, flavonoida, tanin, polifenol, dan zat warna.Tanaman yang tumbuh subur di daerah tropis ini dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan ketombe, menguatkan rambut, dan menghitamkan rambut.
Menghitamkan rambut

Cara alami menjaga rambut agar tidak rontok dengan menggunakn pandan wangi dan rempah-rempah ainnya
Bahan-bahan

  • Siapkan Sebanyak 10 lembar daun waru muda yang segar,
  • segenggam daun urang aring,
  • 5 lembar daun mangkokan,
  • 1 lembar daun pandan,
  • 10 kuntum bunga melati dan
  • 1 kuntum bunga mawar,

Tambahan Minyak

  • Minyak Wijen
  • Minyak Kelapa
  • Minyak kemiri

Caranya :
Cucilah bahan-bahan tersebut dengan bersih, dan setelah bersih kemudian dimasukkan ke dalam panci email, lalu tambahkan minyak wijen, minyak kelapa dan minyak kemiri masing-masing 1/2 cangkir. Panaskan sampai mendidih lalu angkat. Setelah dingin disaring, siap untuk digunakan. caranya oleskan campuran minyak tadi ke seluruh kulit kepala sambil dipijat ringan. Lakukan malam hari sebelum tidur, esok paginya rambut dikeramas. Lakukan 2 – 3 kali seminggu.
Menghitamkan Rambut Menggunakan Pandsan Wangi

Bahan-bahan

  • 7 lembar daun pandan wangi dipotong-potong
  • 1 liter air
  • 3 buah daun mengkudu / pace masak

Caranya :
Daun pandan wangi sebanyak 7 lembar dicuci lalu dipotong-potong. Rebsu dengan 1 liter air sampai warnanya menjadi hijau. Embunkan air rebusan tadi semalaman. Pagi harinya, campurkan rebusan daun pandan tadi dengan air perasan 3 buah daun mengkudu masak. Air sampuran tadi lalu digunakan untuk mencuci rambut.

Note : Lakukan 3 kali seminggu sampai terlihat hasilnya.

Menghilangkan Ketombe

  • 7 lembar daun pandan wangi segar
  • ½ cangkir air bersih

Caranya :
Gilinglah sampai halus daun pandan tersebut. Tambahkan 1/2 cangkir air bersih sambil diremas merata. Peras dan saring. Air perasan daun pandan ini lalu dioleskan ke seluruh kulit kepala yang berketombe. Biarkan mengering, kalau perlu olesan diulangi sekali lagi. Kira-kira 1/2 – 1 jam kemudian, rambut dibilas dengan air bersih.

Note : Lakukan setiap hari sampai bersih.

Sumber: Atlas Tumbuhan Obat Indonesia/Dr. Setiawan Dalimartha/ Hadi

Wikipedia.org -conectique.com -green.kompasmania.com

Ups, sudah tau kah anda tentang sabun spa pandan,,,?
Sabun spa pandan sabun racikan ala Dr. Diana Hermawati Msi yang satu ini mampu membuat kulit anda bebas dari BB alias Bau Badan serta mampu melembuatkan kulit anda yang kasar., Cukup dengan dipakai saat mau mandi, cuci tangan, cuci muka, atau bagian tubuh lainnya.

Hanya Rp.24000 anda sudah bisa merasakan khasiat sabun spa pandan ini. Untuk membeli sabun ini silahkan klik disini

Khasiat Rumput Laut Untuk Kecantikan

DH COSMETIC merupakan kombinasi antara Rumput Laut, Susu kuda liar organik SUMBAWA, Virgine Coconut Oil (vco), madu hutan Sumbawa dan herbal alami yang dapat membuat kulit terlihat lebih muda, halus, lembut dan cerah

Proses fermentasi alami Susu Kuda Liar Organik dapat mengubah laktosa menjadi asam laktat alami yang sangat berguna untuk mencerahkan kulit. Rumput laut & VCO mengandung beta karoten alami yang merupakan pro vitamin A. Di dalam tubuh, beta karotin ini ini akan dirubah menjadi vitamin A yang berperan sebagai antioksidan untuk sintesa kolagen.

Susu Kuda Liar Organik mengandung antimikroba Galaktoferin yang berfungsi sebagai antibacterial agent untuk melindungi kulit dari kuman. Kombinasi vitamin A, vitamin C, beta karoten dan mineral alaminya plus. Galaktoferin yang bekerja secara sinergi, membuat kulit awet muda, tampak cerah, segar, halus, lembut dan sehat sepanjang hari.

DH COSMETIC is combination  of seaweed, organic horse milk Sumbawa Island, Virgine Coconut Oil (VCO), Sumbawa Forest Honey, natural herbs can make the skin loook younger, smoother, softer and brighter.

The process of natural fermentation Organic Horse Milk can convert lactose into lactic acid natirally very useful to broghten the skin. Seaweed & VCO was naturally contain beta-carotene is pro vitamin A. In the body, beta carotene will be collagen. Organic Horse Milk contained antimicrobial Galaktoferin that serves as antibacterial agent to protect skin from germs and bacteria.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>